Liga Champions Grup H: Arsenal Bantai Shakhtar 5-1

LONDON - Arsenal masih tampil sempurna di matchday ketiga babak penyisihan Liga Champions. Pasukan Arsene Wenger sukses membekap tamunya Shakhtar Donetsk dengan skor cukup telak 5-1.

Laga yang digelar di Stadion Emirates, Rabu (20/10/2010) dinihari WIB sekaligus menandi comeback-nya kapten The Gunners Cesc Fabregas setelah absen sekian lama akibat cedera.

Arsenal telah berhasil unggul saat laga berjalan 19 menit melalui Alex Song. Dari sebuah tendangan pojok, bola gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Andriy Pyatov dan justru mengarah ke kaki Song. Selanjutnya Song langsung mencocor bola namun masih bisa dilok Pyatov. Bola bukannya keluar tetapi kembali ke kaki Song. Kali ini pemain Kamerun tersebut sukses menggetarkan gawang Pyatov.

Dominasi permainan yang diterapkan pasukan Gudang Peluru tersebut benar-benar membuat pertanahan Shakhtar kocar-kacir.

Hasilnya sebelum babak pertama usai, tuan rumah berhasil menambah keunggulan melalui Samir Nasri. Gol tercipta dari kerjasama Song-Nasri. Song yang berhasil membawa bola menyisir dari sisi kanan pertahanan Shakhtar lalu mengirim ke tengah kotak penalti dan berhasil disambut Nasri. Pemain asal Prancis itu selanjutnya melewati Dario Srna dan melepaskan tembakan yang gagal dihentikan Pyatov.

Di babak kedua Shakhtar belum mampu keluar dari kurungan Arsenal. Bahkan ketika laga berjalan 60 menit gol kembali tercipta yang kali ini melalui titik penalti. Hadiah tersebut diberikan wasit setelah Luiz Adriano melakukan pelanggaran kepada Djourou di kotak terlarang.

Maju sebagai algojo adalah sang kapten Fabregas. Hasilnya, gawang Pyatov kembali bobol dan sekaligus membuktikan ketajaman tembakan Fabregas.

Sampai disini sepertinya mental bertanding pasukan Shakhtar telah hancur. Arsenal dengan nyamannya menambah koleksi golnya hanya berselang enam menit dari gol ketiga. Kali ini nama yang muncul di papan skor adalah Jack Wilshere yang mencetak gol dengan bekerja sama dengan Tomas Rosicky.

Marouane Chamakh tak mau ketinggalan dari rekannya dan berhasil memunculkan namanya di papan skor. Gol kelima The Gunners terjadi dimenit ke 74 sekaligus sebagai penutup pesta gol Arsenal.

Tim tamu berhasil mencetak gol hiburan pada menit ke 82 melalui mantan striker Arsenal Eduardo Da Silva dengan mamanfaatkan umpan silang Jadson. Meski membobol gawang timnya, pendukung The Gunners tetap memberi tepuk tangan cukup meriah buat gol Eduardo. Akhirnya wasit meniup peluit untuk menyudahi pertandingan dengan skor 5-1.

Tambahan tiga poin mengokohkan posisi Arsenal di puncak klasemen grup H dengan poin sempurna 9. Sementara Shakhtar meski kalah masih tetap di peringkat kedua.

0 komentar: